Kamis, 29 Desember 2011

Touring Bandung-Semarang

Nih touring agak lupa bulan apa, yg jelas tahun 2011 lah.... Berangkat dari kos jam 4 sore, motor parkir di Janti. Langsung tancap gas dari Janti menuju Giwangan pakai Sedya Utama, khusus rute Janti-Giwangan saya lebih suka naik bumelan daripada transjogja karena lebih cepet dan murah :). Sampai Giwangan menyapa mandor Budiman, nunggu 2 bus Budiman Tasik berangkat, dan datanglah DL 184 driver pak Amin, naiklah duduk di kursi baris kedua karena bangku depan sudah diisi penumpang dari garasi dan sebelumnya saya belum booking :). Dalam bus in ada miniatur bus itu juga, disertai di belakang ada banner karya teman-teman Bismania Community Korwil Jogja.

Bus melaju jam 5 sore, ambil penumpang di agen Gamping, dan sarkawi barang2 paket yang paling banyak di Wates. Sampai rumah makan (lupa ahaha) jam 9 malam, bersama Budiman Solo. "Candle Light Dinner" akhirnya di rumah makan tersebut karena memang mati listrik. Habis makan, keluar, masuklah Gege Transport item Marcopolo. Dilanjutkan ngobrol sama sang driver sebelum berangkat.

Bus terus melaju, sebagian penumpang turun di Karangpucung dan Majenang, dan tragedi 'panas' terjadi setelah Budiman dari Wonosobo dilempar kaca depannya oleh warga sekitar entah karena apa di daerah Majenang. Setelah itu lapor di polsek perbatasan Jateng-Jabar apa namanya itu lupa, trus masuk Banjar, tidur saya :). Melek di Tasikmalaya, duduk pindah depan karena penumpang depan turun. Masuk pom kontrol Budiman, diajak ngopi sama pak Amin nolak karena alasan ga suka ngopi *asline ngirit*. Dan turun di depan terminal Cicaheum jam 4.30.

Masuk terminal, nongkrong2 aja sambil melihat bus-bus dari arah Tasik dan Cirebon yang lewat. Beli nasi kuning dalam terminal, muraaaahhh banget pokoke, letaknya di sudut timur laut terminal. Trus nyamperin agen Nusantara yang memang baru pada datang karyawannya, dan dikasih tau sama penjual nasi kuning, yang memang posisinya bersebelahan dengan agen Nusantara, "mas itu pengantin baru ahaah". Lanjut loket Nusantara ngobrol, konfirmasi bahwa saya yang kemarin telpon dan pesen seat depan, sama masnya dikasih seat nomer 3 ternyata, aseek belakang sopir pake 1525 :).

Bus datang pukul 6, dan berangkat pukul 7 pagi. merayap teruss sampai keluar kota karena memang jam berangkat kerja. Sampai Sumedang ada pedagang tahu naik, dan belilah saya tahu sumedang, murahlah :). Terus meliuk-liuk, dan sampai di terminal harjamukti Cirebon jam setengah 11. kencing, dan calon penumpang sudah menunggu. penumpang melebihi kursi dan sebagian harus duduk di kursi kernet dan duduk di atas 'krek koka kola' <-- gimana nih nulisnya??? Sampai tegal jam 1, masuk Pekalongan jam 3 kurang. Dan tepat masuk kota Semarang jam 4 sore. Di Mangkang macet parah, kabarnya sampai Krapyak macetnya karena di situ ada kendaraan terguling. Macet 2 arah parah pokoknya, selain jam pulang kerja, bus-bus Jakartaan juga lagi pada melintas di situ. Bus sesekali berjalan, dan berhenti. bahkan sopir dan sebagian penumpang sampai mampir makan di tengah kemacetan di warung kakilima. Dan sampai Krapyak akhirnya jam 8 malam, macet 4 jam untuk jarak sekitar 5 km. Zzzzzzz. Dan saya turun Kaligawe, nunggu bis menuju arah Solo.

Dapet Sumber Kencono jam 9 malam, penumpang full dan saya duduk atas mesin. Sampai Ungaran saya terpaksa harus berdiri karena ada ibu2 bawa balita, kasiman eh kasihan. Dan berdiri di tengah, jumlah penumpang di dalam bus sekitar 110 penumpang (bayangke dewe). Dan memang kata penumpang langganan, tiap hari juga kaya gitu, ni bus jamnya bagus banget deh. Meliuk-liuk, surfing sampai Kartasura, turun jam 23.30 malam. Harapan pupus sudah untuk ngejar sampai Jogja sebelum jam 12 malam karena memang penitipan motor cuma sampai jam 12 malam dan buka esok jam 6 pagi. Turun Kartasura, dapat Sumber Kencono menuju Jogja, dan sampai jam 00.30, ngojek sampai kos (-_-").

Ongkos:
Sedya Utama --> Janti-Giwangan = Rp. 2.000,00
Budiman (Patas) --> Jogja-Bandung = Rp. 80.000,00 (dapat makan)
Nusantara (Patas) --> Bandung-Semarang = Rp. 80.000,00
Sumber Kencono --> Semarang-Kartasura = Rp. 11.000,00
Sumber Kencono --> Kartasura-Jogja = Rp. 6.500,00

Total: Rp. 179.500,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar