Senin, 19 Desember 2011

Touring Bogor-Bandung

Ini touring dilakukan kapan ya, agak lupa, 2010 sepertinya. Start dari giwangan setelah menitipkan motor, naik Ramayana menuju Jombor, dan pasti ngebut kalo di rute ini :). Start dari terminal Jombor jam 15.30 naik Pahala Kencana VIP Bogor. Beli 2 tiket tapi yang 1 buat nanti adikku si Ilham, pecinta Kereta Api anaknya om Hen. Dia memang liburan di rumahku Temanggung. Tapi karena bus tidak lewat Temanggung, maka si ilham aku suruh nunggu di Secang, diantar bapakku. Duduk di belakang sopir sepertinya pilihan yang salah, karena kernet lagi latihan, kemampuan kurang sehingga sopir yang orang batak sering memarahi si kernet. Singkat cerita aku sampai pool Ciawi dan dijemput oleh Om Hen, trus ke rumahnya di bilangan Taman Pagelaran.

Keesokan paginya, sekitar jam 8 saya naik angkot dari pagelaran sampai Gunung Batu. Lanjut naik angkot Gunung Batu menuju terminal Baranang Siang, yah itung2 muter kebun Raya Bogor setengah lingkaran. Sempat nyalip Budiman ekonomi Tasik-Bogor. Sampai di Terminal Baranang Siang Bogor, saya memantau lajur bus tujuan Bandung, bus pertama sejak saya di situ (lupa namanya) sudah hampir berangkat. Belakang bus tersebut adalah bus ekonomi (lupa) via puncak menuju Bandung. Tepat pukul 09.30 akhirnya pilihan saya jatuh pada MGI, karoseri Rahayu Santosa. Duduk di baris ketiga dari depan. selang 20 menit bus berangkat, dengan AC yang nyaman, interior mengasyikkan. Naik bus ini dapat fasilitas teh gelas, lumayanlah. Saya sebut ini wisata TOL karena begitu keluar terminal Baranang Siang, bus langsung masuk Tol Bogor, dan istirahat sejenak di rest area km 57 tol cikampek. naik turun gunugn via tol purbaleunyi, keluar Pasteur (kayaknya), trus nyalip bus Bogor-Bandung yang di depannya tadi, kalah ngebut nih. Menyusuri sedikit kemacetan Bandung, dan tiba di terminal Leuwi Panjang sekitar jam 12.30. Bogor-bandung 2,5 jam.

Sejam nongkrong di terminal Leuwi Panjang, saatnya menuju keberangkatan bus kota. Naik DAMRI Patas menuju terminal Cicaheum. Sejam menyelami kemacetan Bandung, jam 14.30 sampai di terminal Cicaheum. Langsung saya menuju agen Budiman. Dan beli tiket mendadak pun bisa daat seat depan, seat nomer 1 :). Sempat makan nasi di pasar Cicaheum, makan siomay pare, akhirnya bus yang saya naiki masuk terminal Cicaheum jam 6 sore. Jam 7 malam bus berangkat menuju Jogja, mampir di pool Budiman, mampir agen tol Cileunyi, berangkat sekitar 8 orang, edan sepi tenan.

Dan mampirlah ke garasi Budiman Tasik untuk ganti oli. Oya, kali ini sopirnya adalah pak Aan, itu bus nomor body DL 184, bus dengan kaca belakang diberi stiker besar BisMania Community Jogja. Harusnya sopirnya pak Amin, tapi pak Aminnya lagi turun mesin, hehe. Kernetnya adalah pak Junadi (agak lupa namanya ding), kernet batangan DL 184. Oya, bus ini dinamai DL 184 karena DL= don king long, artinya mesin Mercedez 1518 dengan body New Marcopolo Adi Putro. Di garasi usai ganti oli sekitar jam 11 malam, penumpang naik, dan total sekarang penumpang menuju Jogja sekitar 20an. Sampai Karangpucung jam 1 malam, saya pindah belakang, cari kursi untuk tepar :) Sampai di Giwangan jam setengah 6 pagi :)

Biaya:
Ramayana --> Giwangan-Jombor Rp. 2.000,00
Pahala Kencana (VIP)  Jombor-Bogor Rp. 120.000,00
Angkot 2 x @ 3.000 --> Total Rp. 6.000,00
MGI Patas --> Bogor-Bandung (leuwi panjang) Rp. 40.000,00
Damri (Patas) --> Leuwi Panjang - Cicaheum Rp. 3.000,00
Budiman --> Bandung-Jogja Rp. 80.000,00

Total Rp. 251.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar