Kamis, 15 Desember 2011

Touring Jaman SD Jakarta-Bandung

Di sini akan saya mulai ceritaku touring jaman SD naik bus bersama bapak, tentu yang mengasyikkan perjalanannya. Saat itu SD lupa kelas berapa, perjalanan seperti biasa, Temanggung-Solo lupa naik apa. Yang jelas langganannya saat itu kalo ga Sumeh ya Surya Agung dari Temanggung ke Solo. Solo-Sragen biasanya naik Harta Sanjaya. Kemudian dari Sragen menuju Gondang, itu adanya cuma Harta Sanjaya ukuran mikro. Oya, Gondang adalah salah satu kecamatan di Sragen yang terletak di arah tenggara kota Sragen, jarak sekitar 18 km. Di situlah asli bapakku.

Lanjut sehari kemudian kami menuju terminal Pilangsari Sragen naik Harta Sanjaya. Sekitar jam 2 siang di terminal Pilangsari Sragen kami cari agen bus Harta Sanjaya menuju Jakarta. Saat itu satu kali keberangkatan harta Sanjaya ada 1 bus non AC seat 2-2 (tarif sragen-jakarta Rp. 22.000) dan lainnya (sekitar 3-5 bus) non AC seat 2-3 dengan harga tiket Rp 20.000. yang paling saya ingat perjalanan Sragen-Jakarta adalah di Alas Roban rombongan Harta Sanjaya berhenti, karena armada bus lain yg juga Harta Sanjaya mogok.

Dan kita sampai di terminal Kampung Rambutan Jakarta sekitar jam 5 pagi, aku dan bapak makan pagi di samping terminal kampung Rambutan, kemudian langsung cari bus menuju Bandung, dapat Parahyangan AC seat 2-3, via puncak, tarif lupa, dan di Bandung lupa turun mana. Pemandangan yang keren, kala itu pertama kali aku lewat Puncak. Di Bandung nginep 1 hari, di rumah Om Hen, di sebuah asrama Pos bandung, di bandung kami bertiga (aku, bapak, Om Hen cuma jalan-jalan ke Mall, lupa Mall apa namanya. Dari asrama menuju mall dan sebaliknya seingatku naik angkot.

Keesokan harinya, tepatnya sore hari, aku dan bapak menuju terminal Cicaheum dan kita dapat bus Mandala AC Tarip Biasa, bodi saat itu masih ijo. Bus ini bermesin Hino AK, dengan AC gantung. Mandala saat itu lumayan berjaya di Jawa Timur. Bus yang saya naiki merupakan bus ekonomi AC dengan trayek Bandung-Purwokerto-jogja-Surabaya. Jam 5 sore bis meninggalkan terminal Cicaheum menyusuri Tasik-Ciamis-Karangpucung, dan kami tiba di terminal Purwokerto sekitar jam 12 malam. Lupa tarif di saat itu.

kemudian tak lama di terminal Purwokerto, kita naik Tri Kusuma trayek Purwokerto-Semarang. Dari Purwokerto kita turun di Temanggung, tepatnya ya gang menuju rumah. Sampailah rumah bertemu keluarga tercinta :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar