Senin, 19 Desember 2011

Touring Pacitan

Touring lagiiii, lupa ni tanggal berapa dan bulan apa, kayaknya masih di tahun 2010. Bangun pagi jam 2 pagi, jam setengah 3 pagi langsung nyamber motor menuju Giwangan. Tepat jam 3 naik Sumber Kencono non AC, sampai di Tirtonadi Solo jam 4 pagi. Clingak-clinguk di tirtonadi karena sepi, sudah terparkir Aneka Jaya jurusan Pacitan. Pemandangan selama nunggu bus berangkat adalah bis surabayaan dan bus dari Jakarta. Dan satu lagi, Rela bus

Bus Aneka Jaya berangkat jam 5 pagi dari Terminal Tirtonadi, dan masih nongkrong bus di seputar Jebres Solo. Agak membosankan, ditambah ngetem lagi di deket stasiun kota Sangkrah. Bus melaju lagi sampai akhirnya rada ngebut di kota Sukoharjo, tambah seger ketika siswi2 SMA naik bus ini, bus jadi penuh dan berdiri hingga kota Wonogiri, karena memang ini jam berangkat orang kerja dan sekolah. Bus keluar kota Wonogiri menuju arah Baturetno, dan berpapasan dengan ISMO Patas Semarang sejumlah 2 bus, masing2 deket kota Wonogiri dan satunya bertemu di Baturetno. Di Terminal Baturetno terparkirkan Purwo Widodo jurusan Jogja-Wonosari-Pracimantoro-Baturetno. lepas dari ibukota kecamatan Baturetno jam setengah 8 pagi, dan perjalanan mulai mengasyikkan, jalan nikung tajam naik turun, sempit pula, sepanjang Baturetno-Pacitan berpapasan dengan banyak Aneka Jaya jurusan Solo-Pacitan. Apalagi sebelum masuk kota Pacitan, pemandangan pantai nan indah sudah mulai tampak, semakin dekat dan itulah pantai Teleng Ria, pantai paling terkenal dari Pacitan. Dan saya turun di terminal Pacitan jam 9 pagi, langsung pipis :).

Pemandangan di terminal Pacitan yang cukup kecil dan simple ini adalah bus2 Aneka Jaya jurusan Solo dan jurusan ponorogo. Selain itu, bus-bus jurusan jakarta mulai meninggalkan arena ini. Jam 10 kurang penumpang tujuan arah Surabaya dari Pacitan sudah berkumpul. Mereka nunggu Aneka Jaya trayek Pacitan-Ponorogo-Madiun-Surabaya. Harus jeli dengan jadwal kalo pingin naik bus ini, karena ini bus langka, sehari cuma berangkat 4 bus, masing2 dari pacitan sekitar jam 5 pagi, 10 pagi, setengah 2 siang, dan 8 malam.

Bus Aneka Jaya jurusan Surabaya sudah datang, bus bermesin hino mesin belakang, dilengkapi dengan AC dan interior lumayan mewah sehingga penumpang nyaman. Sayangnya kursi depan sudah terisi penumpang yang udah naik dari Garasi, ngalamat duduk belakang sendiri biar fantasi saat naik bus bisa berjalan dengan baik. *opoooh*. Bus berangkat dari terminal Pacitan sekitar pukul 10.15. Perjalanan Pacitan-Madiun cukup menyenangkan, terutama Pacitan-Ponorogo dengan jalan yang sempit, naik turun, samping gunung samping jurang. Bahkan beberapa titik, ada jalan aspal yang ga cukup untuk dilewati 1 bus besar, dan lebih banyak titik lagi yang tidak memungkinkan berpapasan 2 bus besar. Terasa sekali pedalamannya :). Di sepanjang jalan bertemu dengan bus-bus mikro Aneka jaya trayek Ponorogo-Pacitan, dan nyalip satu Aneka jaya trayek Ponorogo-Pacitan. menjelang sampai di Ponorogo, bus pecah band, dan akhirnya harus ganti ban. Bus tidak memasuki terminal Ponorogo karena jam memang sudah mepet. Saya turun dari bus ini di persimpangan dekat terminal Madiun karena bus tidak masuk terminal madiun karena penumpang berdiri mencapai 20an orang. Waktu menunjukkan pukul 1 siang. Jalan menuju terminal Madiun, dan yang terpenting adalah MAKAN PECEL, 5 ribu saja pake telur :)

Di terminal Madiun pilih-pilih bus, dan naik Sumber Kencono menuju Jogja, duduk kursi depan :). Di hutan Ngawi sopir bersikeras dan sukses nyalip MANDALA ATB Surabaya-Bandung, dengan diiringi panduan kernet yang cukup ngoyo. Lepas Mantingan kernet tidur, sopir ngantuk dan perjalanan lumayan menakutkan, walau bus ga kencang tapi mata sopir terlihat merem melek serta main rem dan gas kasar, dan klakson ga bener. kejadian ini terus berlangsung hingga masuk kota Sragen.

Dan sampai jogja dengan selamat pukul 6 sore.

Biaya:
Sumber Kencono --> Jogja-Solo Rp. 6.500,00 (pakai kartu langganan)
Aneka Jaya --> Solo-Pacitan Rp. 20.000,00
Aneka Jaya --> Pacitan-Madiun Rp. 20.000,00
Sumber Kencono --> Madiun-Jogja Rp. 18.000,00 (pakai kartu langganan)

Total : Rp. 64.500,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar