Rabu, 13 Juni 2012

Jakarta Denpasar, Kembalilah Ke Jogja

Cerita ini merupakan cerita telat, karena touring ini dilaksanakan Maret kemarin, dengan rute Jogja-Jakarta-Denpasar-Jogja. Langsung saja yess...

Jumat, 9 Maret 2012
13.30 naik Trans Jogja 1 A dari janti setelah motor saya parkirkan di parkiran langganan, Pak Antok. 3A melaju jayakarta-maguwo-bandara-makro-instiper-UPN-concat-kentungan. Di sini saya transit, ganti 2A melalui monjali-jombor.

15.00 Sampai jombor, check in di agen Sinar Jaya dan bertemu beberapa rekan BMC Jogja yang sedang kopdar.

15.30 Sinar Jaya slendang (lupa apa ya) saya naiki, walau itu bukan bus sebenarnya, dan akhirnya di Prembun saya ganti bis aslinya (52 DX). Melaju di jalur selatan, dan lepas Kebumen kernet menelepon rekan dan didapati info jalur wangon-brebes macet, dan sopir memutuskan untuk lewat Bandung.

Sabtu, 10 Maret 2012
00.00 makan di Ciamis, di rumah makan khusus Sinar Jaya (lupa namanya), dan cerita selanjutnya adalah tidurrr...

04.30 masuk ke pool bekasi, dan melanjutkan perjalanan

05.30 sampai Lebak Bulus, dan saya telpon sodara Ciputat, menanyakan apakah di rumah, ketika mendapati jawaban "iya" saya langsung naik angkot putih menuju Ciputat.

06.00 sampai di Pasar Ciputat, ngojek dan sampe rumah sodara di Taman Kedaung.

10.30 setelah bercakap ria, sedikit tidur dan makan, saya bersama saudara saya, mas Adit menuju  kampusnya, Tri Sakti untuk menjemput mbak hendy. Ciputat - Univ Tri Sakti mencapai 2 jam, nunggu mbak Hendy juga makan mi ayam di seputar kampus Tri Sakti.

13.30 honda jazz melaju menuju Blok M untuk mengantar saya naik Damri.Bandara, karena di lingkungan Tri Sakti, paling deket mau naik Damri ke Bandara ya dari blok M.

14.30 Damri Bandara berangkat, tertidur, bangun di kontrolan tol menjelang Bandara Soekarno Hatta, masuk terminal 3, kemudian ke 1A, 1B, dan saya turun di terminal 1C.

15.30 Masuk terminal 1C, nunggu jam check in.

16.00 Check in Garuda Indonesia Citilink, pilih kursi belakang dekat jendela. lanjut bayar airport tax, naik, dan mampir ke foodfezt terminal 1 C (ngecash BB doank) :D

17.00 menuju gate C2, duduk bentar, baca koran, dan dipanggillah saya

17.30 Garuda Indonesia Citilink Boeing 737 taxiing, dan menuju sekitar setengah jam untuk bisa "ancang-ancang" lari dan terbang.

18.00 sudah di atas, tampak bandara Soetta dengan indahnya. di atas terlalu banyak goncangan, high turbulence mengakibatkan pramugari yang mau ngecheck sabuk pengaman penumpang "kebanting" dan lari ke belakang untuk mengamankan dirinya", cuaca tenang ketika diumumkan pesawat telah sampai di atas seputar surabaya, dan 30 menit lagi mendarat di Ngurah Rai.

20.30 (WITA) landing di ngurah Rai dengan selamat, kencing, dan menuju loket taxi. dan kaget ternyata bandara-Kuta 65ribu, padahal googling sebelumnya cuma 45rb, weekend kali ya, dan saya mengurungkan niat untuk naik taxi. Ditawarin ojek saya cuek saja, sampai pada akhirnya menuju keberangkatan Ngurah Rai, disapalah saya oleh seorang adik2 yang ternyata tukang ojek, saya berani nawar kalo yg inih :D. 30rb sampai di monumen bom bali.

22.00 (wita) akhirnya dapat penginapan 80rb semalam di kawasan poppies 2, setelah sebelumnya muter2 lantaran penginapan incaran (60rb) terlanjur penuh. Jalan-jalanlah saya setelah mandi menuju monumen bom bali, legian yang penumh orang malam minggu itu membuat saya ingin kembali ke penginapan saja.

Minggu, 11 Maret 2012
06.00 (WITA) bangun, dan jalan kaki menuju pantai kuta. Ga banyak yang saya lakukan, sekitar satu setengah jam saya sampai lagi di penginapan, dan mandi.

07.45 (WITA) telepon taxi motor, yang ternyata setelah ditelepon, operator bilang "motor udah ga ada, adanya mobil", ya sudah saya minta dijemput di AlfaMart Poppies 2. Mobil gapapa, karena nawar taxi kayaknya ga bisa sampai harga antar pake jasa ini :D

08.30 (WITA) Mazda2 datang, wow. Menyusuri jalanan kota Denpasar, dan sampailah di Terminal Ubung

09.30 (WITA) yang terparkir adalah CWM (Citra Wisata Mandiri) yang menuju Jember. Incaran saya sebenarnya adalah Gunung Harta jam 10 karena kemungkinan AC. Ternyata yang terparkir ga AC, ya sudah naik CWM saja. Bus mesin Hino AK ini keluar terminal. Dan semua penumpang di sini ditarik tarif jember semua, ke manapun turunnya -_-.

14.30 (WITA) sampai di terminal gilimanuk, dan nyebranglah, langsung bis atret di kapal tongkang yang tak berdermaga itu lhoo. Di selat Bali papasan dengan Gunung Harta Evobus AC Tarip Biasa Lumajang-Denpasar. Di atas kapal banyak ngantri parkir ke tanah pasir ketapang. Bus melaju terus, sampai Kalibaru mampir warung, saya ga makan tapi :).

18.30 (WIB) Bus merapat di Terminal Tawangalun Jember setelah sebelumnya mogok dan kebanan -_-. Saya lanjut mandi, makan, dan ngecash BB.

20.00 ke jalur keberangkatan bus, dapat Akas Asri Hino AK lawas pokoke, tapi masih ses di jalan, mayan ngebut, bus tersebut bertrayek Banyuwangi-Sumenep.

22.00 Sampai di terminal Bayuangga, Probolinggo, saya duduk dan pilih-pilih bis.

Senin, 12 Maret 2012
00.00 baru ngeh sama salah satu bus, Akas Asri lagi, cuma AC, merci mesin belakang, dan belakang pake pintu lipat. Duduk di pojok kanan belakang. Jalanan pasuruan macet perbaikan jalan dan lewat jalur pintas entah, banyak tidur juga di rute ini.

02.00 Sampai terminal Bungurasih, dan parkiran EKA kosong -_-. Baru 30 menit kemudian masuk EKA.

02.30 Eka melaju dari keberangkatan, tidak ngebut dan sejam kemudian baru sampai Mojokerto -_-. Tidur.

06.00 Melek di Rumah makan duta Ngawi. Makan Rawon, lanjut lagi, dan tidur lagi.

10.00 EKA landing di Janti, ambil motor, dan cusss ke kos.

ESTIMASI BIAYA:
Jember - Probolinggo = Akas Asri = 14.000
Probolinggo - Surabaya = Akas Asri = 13.000
Surabaya - Jogja = EKA Cepat = 63.000
TOTAL = Rp. 507.000,- (belum termasuk airport tax, makan, MCK, dan penginapan ya)